masa orientasi peserta didik baru mos (mopdb)

Diposting oleh agung on Minggu, 28 Oktober 2012

pic:  hide-kun.deviantart.com
mos atau sering disebut mopdb yang berarti masa orientasi peserta didik baru diselenggarakan pada saat penerimaan siswa baru oleh sekolah swasta maupun negeri. dari smp, sma, smk, sampai perguruan tinggi. kegiatan ini diadakan oleh para pengurus osis agar mereka (peserta didik baru) bisa menyesuaikan dengan lingkungan sekolah baru, teman baru, kelas baru, peraturan baru, pokoknya serba baru.

tapi, tak alang kegiatan ini bisa diselewengkan para senior. yaitu, menyuruh mereka melakukan hal yang aneh aneh dan kadang tidak manusiawi. bukanya mendidik mereka tapi malah seolah-olah menghukum, memperbudak, bahkan sampai menganiyaya mereka. dan karena anak baru, mereka pun menurut saja diperintah.

oleh karena itu sekarang sekolah-sekolah mulai meniadakan kegiatan tersebut dan menggantinya dengan hal-hal positif lainya. sehingga lebih bermanfaat dari pada hanya sekedar menjaili anak-anak baru.

menurut saya hal ini sangat bagus, sehingga besok pada saat anak baru tersebut sudah menjadi senior mereka tidak akan balas dendam terhadap para peserta didik baru ditahun berikutnya.

{ 1 komentar... read them below or add one }

agung mengatakan...

test

Posting Komentar